Sunday, December 15, 2019

author photo

Anda tentunya sudah sering mendengar istilah control panel hosting, namun kadang tidak tahu apa sih sebenarnya control panel hosting ini. apalagi jika Anda masyarakat awam yang tidak memiliki keahlian dalam bidang IT.

Pengertian CPanel Hosting dan EHCP
Pengertian CPanel Hosting dan EHCP

Nah, kali ini akan dibahas apa itu control panel hosting sehingga nantinya Anda bisa mengetahui banyak informasi tentang hal ini. mau tahu seperti apa pembahasannya, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Hosting

Apa yang dimaksud dengan hosting? Hosting atau yang juga disebut dengan nama web hosting merupakan sebuah penyewaan server yang dimanfaatkan sebagai sebuah tempat untuk menyimpan data sehingga data ini bisa diakses melalui internet.

Adapun data ini sendiri bisa berupa teks, video, gambar, atau bahkan program yang berisi tentang semua hal tersebut yang kerap kita sebut dengan nama website.

Pengertian Control Panel Hosting

Sedangkan yang disebut dengan Control Panel Hosting adalah sebuah media yang dimanfaatkan untuk mengatur berbagai macam peraturan yang ada di dalam hosting. Adapun beberapa fungsi dari control panel antara lain adalah sebagai berikut:
  • Digunakan untuk mengelola email akun baik untuk menambah, menghapus atau bahkan mengubahnya
  • Digunakan untuk melakukan instalasi software yang ada dalam server
  • Digunakan untuk mengupload file ke server yang ada di dalam hosting
  • Digunakan untuk memasang password yang ada pada directory dari server
  • Digunakan untuk melihat perkembangan statistik suatu web dan masih banyak lainnya.
Perlu Anda tahu juga bahwa saat ini control panel hosting juga sudah memiliki tampilan user yang lebih interface, sehingga para penggunanya akan jauh lebih mudah untuk menggunakan terutama dalam mengubah pengaturan server, sebab Anda hanya perlu melakukan klik saja.

Lihat juga: Ingin dapat kode promo hosting? Cari di link Berikut

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan tampilan sebelumnya. Jika sebelumnya untuk melakukan berbagai macam peraturan harus menggunakan banyak waktu dan tahapan maka saat ini tidak lagi.

Nah, dengan adanya graphical user interface yang ada pada control panel hosting ini membuat para pengguna hanya perlu melakukan klik pada menu yang diinginkan saja. hal ini tentunya jauh mudah dan sangat membantu para pengguna.

EHCP (Easy Hosting Control Panel)

Apa yang dimaksud dengan EHCP? Jadi, EHCP merupakan salah satu contoh dari control panel hosting yang bisa Anda tahu. Ini adalah control panel hosting yang sangat open source dan memang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Menariknya lagi, EHCP ini juga tersedia secara gratis lho. Hal ini tentunya berbeda dengan control panel hosting lainnya yang berbayar seperti cPanel atau bahkan Plesk. Kedua control panel hosting di sini jika Anda ingin menggunakannya, maka Anda harus mencari penyedia dari layanan ini, sehingga nanti penyedialah yang akan membayar cPanel tersebut.

Hal ini tentunya berbeda dengan EHCP yang merupakan control panel hosting yang gratis. Hanya saja, control panel yang satu ini hanya bisa digunakan pada server yang menggunakan sistem operasi Linux saja. sedangkan untuk yang menggunakan Windows atau yang lainnya tidak bisa memanfaatkan control panel hosting yang satu ini.

Bagaimana? Sudah ada gambaran tentang pengertian control panel hosting itu apa? Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan informasi untuk Anda yang ingin mengetahui control panel hosting meskipun secara singkat.

Intinya, dalam sebuah website control panel hosting ini sangat diperlukan. Bahkan, ia memiliki banyak fungsi yang sudah disebutkan di atas. Selamat belajar dan mencoba.

Next article Next Post
Previous article Previous Post