Saturday, April 13, 2019

author photo

Sistem audio yang berkualitas merupakan sumber hiburan bagi Anda ketika berada di dalam sebuah kabin mobil. Tak heran beberapa pemilik mobil bersedia merogoh kocek tambahan hanya untuk menciptakan sistem audio yang baik pada kendaraannya.

Tetapi para pemilik mobil juga patut memperhatikan beberapa hal ketika ingin berniat membangun sebuah sistem audio. Jika terjadi kesalahan saat proses pemasangan, bukan tata suara berkualitas yang Anda dapat, namun malah menimbulkan petaka.

Berikut kami paparkan beberapa tip yang perlu diperhatikan ketika proses pemasangan dan instalasi sistem tata suara di kendaraan Anda.

Kabel

Instalasi kabel audio mobil
Instalasi kabel audio mobil


Sebuah sistem car audio tentunya dihubungkan oleh berbagai kabel guna menyalurkan daya listrik dari suatu perangkat ke perangkat lain agar bersinergi menghasilkan tata suara berkualitas.

Namun perlu diperhatikan, kabel-kabel audio ini jangan ada yang terkelupas, kalau pun kabel harus di potong, maka ujung potongan kabel di isolasi dengan rapih agar tidak terjadi arus pendek di kemudian hari. Kabel-kabel ini juga sebaiknya disusun secara rapih dan tidak bertumpuk satu dengan lainnya.

Sumber Listrik

Sumber listrik yang boleh diambil untuk sistem audio mobil yakni dari kepala aki positif dan negatif. Pastikan pemasangan kabel audio pada kepala aki dilakukan secara rapih, bila perlu tambah dengan sekring terpisah.

Sekering ini akan memutuskan arus listrik ketika terjadi konsleting dan mengamankan sistem audio kendaraan Anda ketika terjadi arus pendek.

Power Amplifier

Agar aki tidak bekerja terlalu berat dan gampang tekor karena menambah kebutuhan listrik dari keberadaan sistem audio, maka Anda wajib mengaplikasikan power amplifier. Alat ini adalah piranti elektronik yang tidak membutuhkan daya secara konstan.

Yang perlu diperhatikan yakni amplifier disambungkan dengan kabel speaker dan subwoofer dengan baik dan ditutup menggunakan isolasi yang rapih. "Pakai kabel yang sesuai dayanya dan jauhkan kabel signal dan kabel suplay," beber Product Designer Audioworkshop Wahyu Tanuwidjaja.

Speaker dan subwoofer

Menambah jumlah speaker dan memasang subwoofer merupakan langkah paling efektif untuk meningkatkan kualitas sistem audio di mobil. Tetapi perlu diperhatikan perangkat ini wajib di rekatkan ke struktur inti kendaraan secara erat.

"Paling aman dibaut ke bodi jangan pakai double tape, kalau perlu buat dudukan baru yang kaki-kakinya merekat ke bodi," lanjut Wahyu. Speaker dan box Subwoofer yang menempel di bodi ini untuk menghindari perangkat tersebut "berterbangan" ketika mobil mengalami kecelakaan.

"Keselamatan adalah yang utama, kalau hanya pakai isolasi, daya rekatnya akan menurun karena panas dan air. Kalau sudah seperti ini perangkat tersebut bisa mudah lepas ketika mobil mengalami benturan," pesan Wahyu. Perlakuan yang sama katanya juga wajib diterapkan ketika memasang amplifier. [Pra/timBX]

Next article Next Post
Previous article Previous Post